Senin, 16 Juli 2012

Makalah Iman Kepada Hari Akhir


MAKALAH

                  iman kepada hari akhir 



PENDAHULUAN

A.  Kata Pengantar
Allah telah menetapkan bahwa kehidupan dunia ini hanya sementara (fana) saja. Tidak ada yang abadi di dunia ini, termasuk manusia. Percaya pada hari akhir merupakan salah satu rukun iman, dan merupakan bagian utama dari beberapa bagian akidah. Dengan demikian wajib bagi kita untuk beriman pada hari akhir itu. Perlu diketahui juga bahwa iman kepada hari akhir itu sangat penting bagi kehidupan, karena kehidupan tidak kekal dan abadi. Yang abadi tanpa awal dan tanpa akhir hanya Allah SWT. Kefanaan semesta ini dapat disaksikan sehari-hari, bunga-bunga dan daun-daun yang subur pu menjadi layu dan jatuh. Begitu pula tubuh-tubuh yang segar dan kekar berubah menjadi lemah dan mati. Manusia pada akhirnya akan menemui wafatnya demikian pula Rasul dan Nabi yang mulia, sejak Nabi Adam As hingga Nabi Muhammad SAW, semua menemui wafatnya, pulang ke rahmatullah. Dalam Al Qur’an Allah berfirman : “ Kullu nafsin dzaaiqatul maut “ setiap yang bernafas pasti akn mati, tak ada yang kekal abadi, kecuali Allah SWT.
B.   Rumusan Masalah
Dewasa ini banyak dari kita yang lalai menjalankan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT, termasuk kewajiban kita mengimani tentang adanya hari akhir. Banyak dari kita yang terlena dengan kehidupan duniawi dan melupakan kehidupan kekal akhirat. Lalu apakah yang dimaksud dengan iman kepada hari akhir? Dan apa manfaat bagi kita jika mempercayai akan adanya hari akhir?
C.   Tujuan Penulisan
Makalah ini disusun untuk melengkapi tugas Al – Islam yang telah diberikan kepada kami. Disamping itu makalah ini juga bertujuan memberi pengetahuan kepada para pembaca yang budiman.


PEMBAHASAN
IMAN KEPADA HARI AKHIR

A.  Pengertian Iman Kepada Hari Akhir
Hari akhir menurut bahasa adalah kehancuran atau kebangkitan. Sedangkan menurut istilah hari akhir adalah hari kehancuran alam semesta beserta seluruh isinya kemudian mausia akan dibangkitkan dari alam kuburnya untuk dimintai pertanggungjawaban atas semua amal perbuatannya selama didinuia.
Beriman kepada hari akhir termasuk rukun iman yang ke lima sehingga setiap muslim harus mempercayai akan datangnya hari akhir. Iman kepada hari akhir maksudnya adalah mempercayai dengan seluruh hati bahwa suatu saat alam semesta akan hancur dan manusia akan dibangkitkan dari kubur menuju alam akhirat yang akan kekal selamanya tanpa ada batas waktu akhirnya.
Hari akhir atau hari kiamat adalah hari binasanya atau hancurnya seluruh alam semesta. Hari kiamat didahului dengan tanda-tanda seperti keluarnya Dajjal, Ya’juj Ma’jud, turunnya Nabi Isa AS, keluarnya hewan-hewan besar, muculnya matahari dari barat dan lain sebagainya.
Sesudah hari kiamat manusia dibangkitkan dari kematian dan mulai menjalani kehidupan baru di alam akhirat dengan fase sebagai berikut :
1.     Yaumul Ba’ats ( Hari Kebangkitan )
2.     Yaumul Mahsyar ( Hari Berkumpul di Padang Mahsyar )
3.     Yaumul Mizan ( Hari Pertimbangan Amal )
4.     Yaumul Jaza’ ( Hari Pembalasan )

B.   Fungsi, Makna dan Dampak Iman Kepada Hari Akhir Bagi Kehidupan
Fungsi iman kepada hari akhir antara lain :
? Bertindak / beramal dengan penuh tanggung jawab
? Pandangan hidup optimis
? Kehidupan yang shaleh di masyarakat
? Menambah rasa iman dan taqwa pada Allah
Beriman kepada hari akhir artinya meyakini bahwa hari akhir itu haq dan tidak ada keraguan tentangnya. Adanya hari akhir dan mengimaninya merupakan motivasi bagi seorang mukmin untuk semakin bersemangat dalam berlomba-lomba berbuat kebaikan dan memperbaiki kesalahan yang telah diperbuat.
C.   Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir
Dari uraian diatas kita dapat mengambil hikmah dari iman kepada hari akhir antara lain :
ü Hidup didunia hanya sementara
Orang yang beriman kepada hari akhir akan memanfaatkan hidupnya didunia untuk selalu beramal shaleh, karena mereka menyadari bahwa hidup didunia hanya sementara. Demikian pula kesenangan dan kenikmatan yang ada didunia hanya bersifal sementara.
ü Bertindak dengan penuh pertimbangan
Dalam setiap perbuatan yang akan dilakukan orang yang beriman kepada hari akhir akan selalu mempertimbangkannya dengan cermat, karena menyadari bahwa setiap perbuatan akan mendapat balasan.
ü Senantiasa ingin berada dalam kebenaran
Orang yang beriman kepada hari akhir akan merasa dalam lindungan Allah SWT dan dijauhkan dari kesesatan, karena berada dalam kebenaran yaitu jalan Allah SWT. Dan orang yang tidak beriman pada hari akhir berada dalam siksaan dan kesesata.




PENUTUP
A.  Kesimpulan
Hari akhir atau hari kiamat adalah hari binasanya atau hancurnya seluruh alam semesta. Iman kepada hari akhir berarti meyakini dengan sepenuh hati bahwa suatu saat alam semesta akan hancur dan manusia akan dibangkitkan dari kubur menuju alam akhirat yang akan kekal selamanya tanpa ada batas waktunya.
Beriman pada hari akhir merupakan rukun iman yang ke lima oleh karena itu sebagai umat islam kita wajib mempercayai akan datangnya hari akhir tersebut. Beriman pada hari akhir mempunyai beberapa manfaat antara lain selalu bertindak hati-hati dan penuh pertimbangan, selalu berada dalam kebenaran, dan memanfaatkan waktu hidup untuk berlomba mencari kebaikan “fastabiqul khoirot”.
B.   Saran
a.     Sebagai umat muslim kita wajib mempercayai akan hari akhir
b.    Kita harus senantiasa berbuat kebaikan
Semoga kita bisa menjadi lebih baik dari pada hari kemarin



DAFTAR PUSTAKA

Mursidi,S.Pd.Pendidikan Agama Islam.Solo:Putra Kertonatan,2004.
Rasdiyanah,Andi,Dra.H.Pendidikan Agama Islam.Bandung:Lubuk Agung,1995.
Saputra,Thoyibah,Drs.H.Aqidah Akhlak.Semarang:PT.Karya Toha Putra,1996.
SN,Adib,S.Ag.Pendidikan Agama Islam.Solo:Tekad Mandiri,1999.
Syahid,Muhtarom,dkk.Pendidikan Agama Islam.Solo:Tim Meda Grafika,2004.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar